Sabtu, 06 Desember 2008

MENGAWASI KEBERADAAN ORANG LAIN LEWAT HANDPHONE

MENGAWASI KEBERADAAN ORANG LAIN LEWAT HANDPHONE

apakah anda pernah mengalami rasa khawatir pada anak anda yang keasyikan jalan-jalan dan lupa pada jam untuk pulang kerumah. ini adalah cara kita memanfaatkan teknologi GPS untuk mengawasi dimana anak anda atau orang lain yang ingin anda ketahui keberadaannya dengan menggunakan handphone anda.

sebenarnya teknologi GPS sudah lama dikenalkan, namum baru-baru ini GPS kembali populer setelah disematkan di beberapa ponsel seperti *okia. fitur navigasi yang serasi dipasangkan dengan GPS pun menjadi andalan baru.

bagi anda pemegang handphone Symbian, fitur navigasi pun sudah bisa dinikmati, hanya saja kita harus memiliki receiver GPS Bluetooth yang dijual terpisah. cukup merepotkan memang

syaratnya, ponsel anda dan dia harus dilengkapi dengan GPS receiver dan software navigasi yang sama. kalau tidak? mungkin anda bisa mencoba trik ini.

tidak repot kok, asal ponsel keduanya bersistem operasi Symbian S60 versi 2 yang sama-sama dilengkapi salah satu aplikasi gratisan

aplikasi ini adalah WRU? dengan aplikasi ini, sebuah ponsel akan meraih informasi selular dari BTS-BTS yang mengelilinginya kemudian akan mengirimkan informasi tersebut secara berkala ke ponsel lain yang tentunya itu adalah ponsel anda.

LANGKAH 1

Download Softwarenya di sini http://www.handango.com/ampp/store/FreeDownload.jsp?siteld=1productld=210762


LANGKAH 2

install di salah satu ponsel yang diharapkan akan mengirimkan berita keberadaannya. dalam hal ini pastinya itu adalah ponsel anak anda. pastikan ponselnya merupakan salah satu jenis ponsel ini :
1. Symbian Series 60 2nd edition
2. Nokia 3230
3. Nokia 6260
4. Nokia 6600
5. Nokia 6620
6. Nokia 6630
7. Nokia 6670
8. Nokia 6680
9. Nokia 6681
10.Nokia 7610
11.Nokia N70
12.Nokia N72
13.Panasonic X700
13.Panasonic X800

LANGKAH 3

buka aplikasi WRU. di ponsel anda, lalu sebuah halaman setting akan muncul. isikan nama si-empunya ponsel (nama anak anda) dikolom Real Name. pilih juga gendernya atau jenis kelaminnya. kemudian atur periode pengiriman informasi dalam satuan menit misalkan anda isi 30. pada kondisi default, aplikasi ini telah menyiapkan diri untuk memberi informasi dalam interval 30 menit. lalu klik softkey kiri lalu save.

LANGKAH 4

kembali ke menu awal lalu pilih option. mulailah dengan mengaktifkan menu tracking dalam hal ini anak anda. jika sudah pilih enable tracking dan memilih salah satu nomor telepon yang akan dikirimi informasi BTS. anda bisa memasukkan nomor atau memilihnya dari kontak anda. klik ok jika sudah memasukkan nomor teleponnya. maka sistem akan mengirimi SMS ke pemilik nomor yang dipilih. berarti itu adalah nomor handphone anda sebagai ibu/ayah.

LANGKAH 5

pesan akan diterima oleh ponsel anda. pesan itu mengatakan "Tracks (nama di WRU) as he makes his way forwards you. Reply with "Y" for yes or "N" for no. Artinya kira-kira seperti ini : lacak si anu ( nama anak anda) dalam perjalanannya menuju anda. balas dengan "Y" untuk menjawab ya dan "N" untuk menjawab tidak. jawab dengan mengirimkan sms kembali ke nomor anak anda dengan menekan "Y" yang berarti iya.

LANGKAH 6

segera setelah SMS balasan diterima oleh ponsel anak anda. sistem WRU? akan mengumpulkan informasi BTS-BTS yang ada disekitarnya yang akan mengirimkan sms kepada nomor anda dalam interval waktu setiap 30 menit.

Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga kadang mengalami kegagalan saat dicoba. hal ini terkait dengan keamanan sistem BTS Operator yang kini menjadi penghalang utama berkembangnya aplikasi serupa. Privasi menjadi alasan utama. sekaligus memvonis semua pengguna ponsel memiliki rahasia.

untuk mengecek apakah ponsel anda bisa digunakan untuk keperluan ini atau tidak. silahkan atur settingan network anda.

aktifkan Cell Info Display. caranya buka menu ponsel > settings >Network > Cell Info Display > atur menjadi ON

apabila di tampilan awal ponsel terdapat tulisan informasi BTS, misalnya tempat anda tinggal saat ini, maka kemungkinan berhasil sangat tinggi


sumber tips@tabloidpulsa.co.id

Tidak ada komentar: