Senin, 15 Desember 2008

BAGAIMANA CARA MENGATASI ANAK YANG SERING MENGIGAU

Seringkali kita mendengar anak-anak mengigau dalam tidurnya. hal ini kadang-kadang memang terasa aneh. akan tetapi, sebetulnya mengigau sering dialami oleh anak-anak usia BALITA pada saat tidur nyenyak. Mengigau adalah suatu keadaan ketika anak berkata-kata sendiri atau menggumamkan kata-kata tertentu yang kadang kurang jelas terdengar pada saat ia dalam keadaan tidur nyenyak. kata-kata tersebut dapat berupa ungkapan rasa takut, sedih, marah, ataupun merasa gembira.

Gangguan tidur seperti ini biasanya lebih sering ditimbulkan karena anak-anak pergi tidur dalam keadaan emosi. mungkin mereka terlalu letih bermain seharian, sehabis menyaksikan film yang menegangkan, atau mengalami keadaan cemas yang berlebih-lebihan. semua kejadian itu ditekan ke alam bawah sadarnya, kemudian muncul dalam mimpi dan mengigau. menghadapi keadaan seperti ini kita tidak perlu merasa terlalu cemas. kita dapat menghadapinya dengan tetap tenang dan menerapkan beberapa tips berikut :

1. Ciptakanlah suasana yang hangat pada jiwa anak, misalnya dengan memeluk dan mengecupnya hati-hati pada saat anak sedang mengigau.

2. Usahakanlah untuk menciptakan suasana yang sejuk dan damai ketika anak akan pergi tidur. hal ini dapat diusahakan dengan jalan membacakan dongeng pengantar tidur untuk anak.

3. jalinlah komunikasi yang baik dengan anak agar orangtua dapat memahami berbagai masalah psikologis yang sedang dialami anak secara lebih mendalam.

4. Hindarkanlah kegiatan fisik yang berlebihan pada saat menjelang tidur seperti meloncat-loncat di atas tempat tidur atau membuat lelucon yang membuat anak tertawa terpingkal-pingkal. keadaan tersebut dapat membuat emosi anak teransang secara berlebihan, sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan saat tidur.

5. Orangtua juga perlu berupaya agar dirinya berada dalam keadaan emosi yang stabil, tenang, dan dapat mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai perilaku anak.

Dengan terciptanya suasana yang nyaman dalam keseharian anak, diharapkan akan terbawa pula ke dalam tidurnya yang damai.


Sumber : Majalah Tika

Tidak ada komentar: