Jumat, 27 Februari 2009

mengenalkan anak pada dunia digital

mengenalkan anak pada dunia digital

kemajuan teknologi hampir disegala bidang membuat keluarga diindonesia mulai mengenalkan berbagai peralatan elektronik, baik teknologi digital, multimedia hingga internet pun mulai merambah ke hampir setiap rumah dikota besar. seiring perkembangan zaman, mau tak mau orang tua harus mulai memperkenalkan teknologi kepada anak-anak sejak awal. wawasan teknologi perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini, mengingat penggunaannya berkaitan erat dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari.

dengan memperkenalkan teknologi kepada anak, orangtua telah mempersiapkan mereka untuk mengerti dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna. sehigga mereka memliki dasar untuk menjadi sumber daya manusia yang kreatif dan kompetitif di masa datang. dari sisi edukasi, teknologi akan menjadi cara belajar baru yang lebih menyenangkan bagi anak-anak, terutama pada komputer, dimana tersedia permainan yang dilengkapi dengan gambar dan suara sehingga tidak membuatnya cepat bosan. dari sisi baiknya, anak menjadi lebih tekun dan terpicu untuk lebih berkonsentrasi. pada akhirnya anak-anak akan mengerti bahwa teknologi bukan sesuatu yang rumit, malah akan mendukung aktivitas dan kreativitas mereka. disisi lain, orangtua perlu mewaspadai sisi negatif. karena jika luput dari pantauan orangtua, anak-anak dapat menghabiskan waktunya duduk berjam-jam di depan komputer untuk bermain. akibatnya ia tak mau bersosialisasi dengan temannya maupun keluarganya.

mengenalkan teknologi memang ada untung ruginya namun semua itu tergantung dari kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi penggunaannya. untuk itu peranan orangtua sangat penting dan dibutuhkan dalam memanfaatkan komputer tersebut. idealnya orangtua yang memperkenalkan teknologi kepada anak. namun faktanya saat ini banyak orangtua yang mengikuti perkembangan teknologi. akhirnya anak mencari tahu sendiri tentang teknologi tersebut, entah melalui teman sekolah atau teman sepergaulan. apalagi jika dirumah tidak memiliki komputer, anak akan melangkah ke warung internet yang di kota besar keberadaan tempat menjelajah alam maya tersebut tidaklah sulit ditemukan. kadang pula tugas disekolah menuntut anak harus mengerti komputer, misalnya mengerjakan tugas yang hasilnya di print dengan rapi atau mencari bahan pelajaran di internet. tak hanya anak SMP, sekarang anak SD pun sudah banyak yang pandai mengetik dengan komputer bahkan membuat email dan mengirim pesan kepada orang lain. belum lagi memahami cara browsing dan chatting. akhirnya anak jadi lebih pintar dalam hal teknologi dibanding orangtua nya. jika orangtua tidak menyikapi perkembangan intelektual anak yang demikian, dikhawatirkan anak akan tidak terarah dalam memanfaatkan teknologi.

selain mereka gunakan untuk keperluan pembelajaran, kadangpula komputer digunakan anak untuk bermain game. selain game yang terinstall dikomputer rumah, game lainnya adalah yang beredar di alam maya yang dapat dimainkan oleh seluruh orang dipenjuru dunia. kalau sudah demikian, akhirnya keberadaan komputer akan lebih banyak berfungsi sebagai game center dari pada alat untuk membantu pekerjaan atau mendapatkan informasi bermanfaat.

teknologi memang ibarat dua sisi mata pisau, bisa berakibat positif namun bisa pula berdampak negatif, sebab itu orangtua hendaknya selalu mengikuti perkembangan jaman agar anak-anaknya tidak salah dalam menyikapi teknologi.


sumber metro banjar

1 komentar:

urangtuha mengatakan...

terima kasih atas kunjungan nya ke blog saya..situs anda sungguh bagus dan menyenangkan saya liat..semoga anda sukses gan ^^

terima kasih atas komentar nya