Selasa, 25 November 2008

Tentang Hapus dan Terhapus

Mengembalikan Data Yang Terhapus

Saya pernah mengalami hal ketidak-sengajaan menghapus folder Tugas Akhir saya padahal waktu itu saya sedang mengerjakan Tugas Akhir yang sudah hampir selesai, namun entah karena pusing atau stress menghadapi sidang saya tidak sengaja menghapus folder tersebut dan sekaligus saya membersihkan Empty Recycle Bin tanpa melihat2 file yang ada di dalamnya...dan tak malang data saya terhapus dalam kebingungan saya akhir nya melakukan permintaan kepada mbah gogling dengan mengetik keyword "freeundelete" dan ternyata aplikasi tersebut ada saya pun cepat2 mendownloadnya untuk mengembalikan data saya yang terhapus. dan Tugas akhir saya kembali sedia kala hehe...tp tetap pusing menghadapi sidang nya >.<" cara install aplikasi seperti biasa :

1. Downlaod File nya di sini >> Download <<

2. Install

3. Sebelum melakukan penyelamatan Data yang terhapus perlu anda ketahui dan siapkan ((pertama)) : siap kan drive lain untuk menyalin file yang telah di selamatkan. ini perlu karena FreeUnDelete tidak mau menempatkan file tersebut pada drive atau hard disk yang sama, hal ini untuk tidak terjadi timpa menimpa file lama dengan file baru (mungkin logikanya seperti itu) heeeeee.
jika hardisk yang anda miliki terbagi 2 partisi atau lebih anda bisa memakai drive D: atau drive E: pada komputer anda, namun bila hardisk anda tidak punya partisi anda bisa menggunakan media lain seperti Flashdisk.. ((Kedua)) : matikan aplikasi lain yang sedang bekerja seperti winamp atau apalah yang sedang anda pakai di komputer anda. hal ini bisa saja menuliskan data baru ke dalam hardisk anda.

4. bila semua sudah siap! mulai lah dengan minum kopi dulu (halah ko minum)..ngga jadi minum nih kita kan pusing data hilang!!!! baiklah sabar ya buu : buka startmenu > program > FreeUndelete > FreeUndelete. pilih drive yang akan di pindai - tempat penyimpanan file asli, kemudian klik "Scan" selanjut nya FreeUndelete akan memindai dan menyatukan kembali bagian-bagian data atau file anda yang telah terhapus. file yang ditemukan akan ditampilkan dalam daftar bersama informasi ukuran file dan statusnya. status "good" atau "better" menunjukkan file masih sangat bisa diselamatkan.

jika Freeundelete memunculkan begitu banyak file dalam daftar nya anda bisa menggunakan fitur Filter pada boks "Filter Found Files". dalam kasus saya untuk mencari data saya yang terhapus adalah program office word jadi pada boks anda bisa mengetikkan ".doc" bila itu foto maka anda ketikkan ".jpg" dan menelan enter. daftar di atas kini hanya akan memunculkan file dengan ekstensi ".doc". bila file nya sudah ketemu, pilih file tersebut, lalu klik tombol "browse" dan pilih lokasi penyimpanannya. lanjutkan dengan "Undelete". File anda akan kembali lagi deh sekarang bisa minum kopi lagi deh

selamat mencoba..




Menghapus File Selama nya

Sekarang bagian hapus-menghapus nih..hehe..menghapus selamanya lagi

silahkan download di sini deh aplikasi ini nama nya Simple File Shredder

install program seperti biasa dan jalankan program dengan meng-klik icon nya di desktop anda..selanjutnya anda bisa men-drag and drop folder atau file yang ingin anda hapus selamanya misalnya file rahasia gitu...(hehe) dengan meng-klik tombol add. simple file shredder sendiri dapat mengolah banyak file dan folder dalam sekali kerjanya (maksudnya sekali lompat 2-3 pulau terlewati...gitu ya pribahasanya . . .?? halah halah ). bila muncul kotak boks dialog yang memberikan tiga pilihan metode penghapusan.
1. metode yang digunakan oleh departemen pertahanan amerika, yang akan menghapus dan menimpa data di dalamnya hingga tujuh kali. bayangin aja 7x gimana jadi nya tu file?

2. metode disebut sebagai metode Gutmann (proses ini lama hehe) soalnya penimpaan data nya sebanyak 35 kali ampun deh (metode paling aman).

3. metode ini yang paling cepat karena akan menimpa data sebanyak 2 - 3 kali saja.

ketiga metode ini yang paling aman adalah metode Gutmann tp lama banget proses nya apalagi kalau kompi kita lemot haha..

setelah anda menentukan metode yang dipilih , klik "OK" dan Klik "OK" lagi untuk mengkonfirmasikannya. konfirmasi ini perlu karena begitu anda menyetujui berati anda terikat kontrak hayah ko error bahasa nya. konfirmasi itu untuk menyetujui bahwa anda benar-benar ingin menghapus file itu selamanya dan file itu tidak akan bisa di selamatkan lagi (kasian yah file nya) hehe

selamat mencoba..



Menyembunyikan Dokumen atau Folder Penting

ini adalah trik jitu untuk menyimpan dokumen penting anda ke dalam virtual drive. anda bisa melihat manfaat software CriptoExpert2008 Lite yang sudah di fasilitasi enkripsi data.

langkah-langkah nya seperti ini :

1. download file nya di sini dan install >> Download <<

2. buka aplikasi CriptoExpert2008 Lite yang sudah terinstall

3. siapkan file atau dokumen yang akan di enkripsi kedalam folder khusus yang disebut "Container". klik menu Container > New Container. maka akan muncul kotak dialog, klik tombol browse, sorot drive atau folder yang berisi file yang akan disimpan ke dalam wadah CriptoExpert2007 Lite, lanjutkan dengan mengklik tombol "Next".

4. Tentukan mode enkripsi yang akan anda gunakan. klik tombol drop-down "encryption mode". kemudian pilih "Cast 128 bit", klik tombol "Next".

5. tentukan kapasitas container yang nantinya akan anda gunakan untuk menampung file atau dokumen yang sudah terenkripsi. klik satuan kapasitas dala "MB", dan klik "Next".

6. Ketik password untuk file atau dokumen yang ingin diamankan, ingat semakin penuh kotak "Strength" maka semakin sulit password yang anda gunakan bila di lacak oleh orang lain. bila sudah klik "next".

7. pada boks doalog berikutnya kasih centang opsi "Mount Container as drive after creation" dan klik create. selesai (gimana cara buka nya).

8. untuk membuka file atau dokumen yang baru saja anda sembunyikan dan sudah di enkripsi, klik menu "view" > "Container" dan untuk sorot lalu klik 2x file tersebut sampai muncul boks dialog "enter password", masukkan password yang anda buat, lalu klik "OK" selesai dah maka file anda terjamin aman haha


Selamat Mencoba..

thanks to komputer aktif www.komputeraktif.web.id

Tidak ada komentar: